Cara Membuat Masker Bengkoang untuk Memutihkan Wajah

         Cara Membuat Master Bengkoang untuk Memutihkan Wajah

Master bengkoang atau bengkuang merupakan resep alami yang sudah turun temurun dipraktekan untuk perawatan kecantikan terutama kulit wajah. Jauh sebelum ditemukannya lotion dan cream pemutih wajah, masker wajah alami dari bengkoang sudah lebih dulu popular, terutama di kalangan wanita bangsawan.

Selain bengkoang, masih banyak bahan alami lainnya yang biasa dijadikan sebagai masker. Misalnya ada masker alpukat, beras, tomat, madu, pisang, papaya dan lain sebagainya. Bahkan yang belakangan ini sangat popular adalah masker putih telur. Namun, masker bengkoang tidak bisa digantikan. Sebab, khasiatnya memang sudah tidak diragukan lagi. Dan tentu saja setiap bahan memiliki khasiat yang berbeda.

Sebelum dikenal sebagai bahan untuk membuat masker alami, bengkoang sendiri merupakan umbi yang biasa dimakan karena rasanya yang manis dan menyegarkan. Bengkoang memiliki nama latin Pachyrhizus erosus dan termasuk dalam family Fabaceae alias polong-polongan. Tumbuhan ini berasal dari benua Amerika. Orang Jawa menyebutnya sebagai Besusu, sementara orang Sunda menyebutnya dengan Bengkuang.

  • Manfaat Masker Bengkuang untuk kecantikan

 masker bengkoang

Sekarang ini, banyak perusahaan kosmetik yang menggunakan ekstrak bengkuang untuk produk kecantikannya. Namun, membuat masker bengkuang sendiri manfaatnya lebih bagus karena tidak menimbulkan efek samping jika dibandingkan dengan produk pabrik yang rata-rata sudah dicampur bahan kimia.

Di Indonesia sendiri, masker bengkoang dikenal sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan puteri keratin. Nah, sekarang ini bengkoang bisa didapatkan dengan mudah jadi setiap orang dapat merasakan apa saja mafaat masker bengkoang.

  1. Menghilangkan Noda Hilam Bekas Jerawat.Jerawat memang musuh besar bagi kecantikan. Sudah sembuh pun masih menyisakan bekas hitam yang mengganggu penampilan. Bengkoang mengandung pachyrhizon, rotenone, vitamin B1dan vitamin C dapat membantu menghilangkan noda bekas jerawat.
  1. Menyegarkan Kulit Wajah.Masker bengkoang memiliki efek mendinginkan kulit. Karena itu sering dikenal juga sebagai bedak dingin. Fungsinya untuk kulit adalah membuat kulit menjadi lebih segar, sekaligus membuat wajah terlihat lebih rileks.
  1. Memutihkan Kulit Wajah.Masker alami yang dibuat dari bengkoang sudah lama dipercaya dapat mencerahkan dan memutihkan kulit wajah. Sebagai bukti, sekarang ini semakin banyak produk-produk kecantikan yang menggunakan bengkuang sebagai bahan utama produk pemutih kulit wajah.
  1. Mencegah Penuaan Dini.
  2. Bengkoang mengandung antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk kulit. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam bengkoang berfungsi sebagai antiaging yang membuat kulit selalu tampak lebih muda. Selain itu bengkoang berfungsi sebagai antiaging yang membuat kulit selalu tampak lebih muda. Selain itu juga dapat mencegah keriput atau kerutan.

Itulah beberapa manfaat masker bengkoang untuk perawatan kecantikan kulit wajah. Sekarang kita lanjutkan pada bagaimana cara membuatnya.

  • Cara Membuat Masker Bengkoang

Membuat masker bengkoang sendiri di rumah sebenarnya tidak terlalu sulit. Hanya saja banyak yang malas karena berfikir ribet. Padahal, memang sedikit ribet sih. Tapi kan hasilnya lebih baik dan tanpa efek samping. Dalam perbuatannya, bengkoang bisa dicampur dengan bahan alami berkasiat lainnya. Misalnya dengan madu murni, air mawar, dan tepung beras. Berikut ini tutorial cara membuat masker bengkoang yang cukup mudah.

  1. Ambil bengkoang berukuran sedang, kupas kulitnya kemudian cuci hingga bersih.
  2. Potong bengkuang menjadi dua bagian, kemudian diparut.
  3. Peras parutan bengkoang tersebut dan simpan airnya dalam mangkok bening.
  4. Diamkan air perasan bengkoang tersebut selama satu jam sampai ada bagian puih yang mengendap seperti tepung.
  5. Pisahkan air perasan bengkoang dengan tepungnya yang berada didasar wajah. Tepung inilah yang akan dijadikan sebagai masker atau bedak dingin.
  6. Oleskan endapan tepung bengkoang tersebut pada wajah menggunakan kuas masker.
  7. Biarkan selama beberapa menit sampai kering dengan sendirinya.
  8. Bilas wajah dengan air bersih dan keringkan dengan handuk lembut. Ingat, jangan menggosok wajah karena akan menyebabkan iritasi.

Sumber: http://carasehathidup.blogspot.co.id/2014/10.cara-membuat-masker-bengkoang-untuk.html